Thursday, October 18, 2012

Kemauan Modal Utama Kesuksesan Usaha

Kemauan Modal Utama Kesuksesan Usaha - Lebih dari dua puluh mitra binaan Jasa Raharja cabang Kaltim mengikuti pelatihan motivasi, Rabu (17/10). Bertema Motivasi Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, kegiatan ini digelar di Ballroom Grand Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, mulai pukul 08.00 Wita.

Seluruh peserta seminar ini berasal dari pengusaha kecil dan menengah. Mulai dari sektor perdagangan, perkebunan, jasa bengkel, hingga peternakan.


“Acara digelar selama dua hari sampai besok (hari ini, Red.). Peserta yang hadir merupakan para pengusaha dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dipilih dan diberi kesempatan mengembangkan usahanya lewat pelatihan motivasi ini,” ujar Plt Kepala Cabang Jasa Raharja Kaltim H Lukman Hakim.

Sebagai pembicara, Jasa Raharja menghadirkan Direktur Utama sekaligus Senior Consultant PT Wirakarti yang bergerak di bidang education and management training yakni Ir Bambang Sudarmanto MM.

Dalam paparannya, Bambang mengatakan, dalam membangun dan meningkatkan usaha ada beberapa faktor yang harus dimiliki. Antara lain memiliki kemauan dan kemampuan atau keahlian. “Faktor itu sangat penting. Keahlian dapat dimiliki melalui pelatihan-pelatihan. Jika sudah punya kemampuan, maka kemauan dan semangat tinggi harus kuat,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, secara keseluruhan, yang menjadi poin paling penting adalah kemauan dan semangat juang tinggi. Sebab, kemampuan tinggi jika dibarengi kemauan rendah maka akan menghasilkan sesuatu yang rendah. “Tapi sebaliknya, dengan kemauan tinggi maka akan mencari dan meningkatkan kemampuan itu setinggi-tingginya. Kemauan untuk mencapai sukses harus tahu bagaimana kiat-kiat orang yang ingin sukses,” kata Bambang.

Dalam pelatihan kemarin, Bambang juga berbagi kiat dalam manajemen bisnis. Ia mengatakan, pengusaha kecil harus tahu dalam mengelola keuangan.

“Kadang ada pengusaha yang bertanya, 'kok saya pendapatannya kecil sekali ya?' Nah, padahal pendapatannya besar. Tapi pengusaha tidak tahu pendapatan atau keuntungan yang diterima itu adalah selisih harga yang dijual. Karena lupa ada kebutuhan keluarga atau pribadi, maka diambilah dari keuntungan itu. Nah, manajemen bisnis mengajarkan mengelola keuangan dengan baik. Berapa pendapatan dan berapa pengeluaran yang dibutuhkan,” sebutnya.

Sementara, Lukman Hakim kembali menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin untuk pengembangan usaha para pengusaha kecil dan menengah mitra binaan Jasa Raharja. Dari acara ini, diharapkan mitra binaan terus berusaha dan bekerja keras dalam menjalankan usaha yang dimiliki.

“Jasa Raharja memberikan bantuan modal kerja dan bimbingan manajerial. Salah satunya lewat acara ini. Kelak, jika usaha mereka terus berkembang, diharapkan bisa meringankan beban pemerintah untuk mengatasi masalah ekonomi dan memperkecil pengangguran lewat membuka lapangan kerja baru dan memperkuat basis pengusaha itu sendiri,” ujar Lukman.
Share on :

No comments:

Post a Comment